Soal TWK CPNS 2024: Persiapkan Diri dengan Contoh Soal Terbaru

Soal TWK CPNS 2024: Persiapkan Diri dengan Contoh Soal Terbaru

Soal TWK CPNS 2024 – TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) adalah salah satu bagian penting dari seleksi CPNS yang harus Anda kuasai dengan baik. Tes ini mengukur pemahaman Anda tentang nasionalisme, sejarah, dan peraturan perundang-undangan di Indonesia. Setiap tahun, pola soal TWK bisa saja mengalami perubahan, sehingga penting bagi Anda untuk selalu memperbarui pengetahuan dengan contoh soal terbaru. Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal TWK CPNS 2024 untuk membantu persiapan Anda.

Dengan mengerjakan contoh soal TWK yang terbaru, Anda dapat memahami jenis-jenis pertanyaan yang mungkin muncul dan mempersiapkan strategi yang tepat untuk menjawabnya. Selain itu, latihan ini juga membantu Anda mengasah kemampuan berpikir kritis serta pengetahuan kebangsaan. Persiapan yang matang dengan contoh soal terbaru akan memberi Anda kepercayaan diri lebih saat mengikuti ujian CPNS.

Kisi Kisi Soal CPNS 2024

Bimbel JadiASN - Study

Berdasarkan surat edaran resmi dari KemenPANRB Nomor 321 Tahun 2024, pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024 dijadwalkan pada tanggal 16 Oktober hingga 14 November 2024. SKD ini mencakup tiga jenis ujian utama, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kisi-Kisi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan:

  1. Nasionalisme: Kemampuan untuk mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama, tanpa meninggalkan identitas nasional.
  2. Integritas: Kemampuan menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.
  3. Bela Negara: Kemampuan berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
  4. Pilar Negara: Kemampuan membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
  5. Bahasa Negara: Kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Latihan Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK- Tes Wawasan Kebangsaan
Berikut contoh Soal CPNS 2024 (TWK)
  1. Semua warga negara memiliki kewajiban untuk mempertahankan negara. Bela negara adalah bentuk nyata dari usaha warga negara dalam mempertahankan negara. Rini adalah warga negara Indonesia. Apakah Rini memiliki kewajiban bela negara?
    A. Ya, karena Rini adalah warga negara dan semua warga negara memiliki kewajiban untuk mempertahankan negara melalui bela negara.
    B. Tidak, karena bela negara hanya berlaku untuk pria.
    C. Tidak, karena Rini bukan bagian dari militer.
    D. Ya, namun hanya jika Rini memiliki kemampuan fisik yang baik.
    E. Tidak ada jawaban yang benar.

Jawaban: A
Pembahasan: Semua warga negara memiliki kewajiban untuk mempertahankan negara, termasuk Rini sebagai warga negara Indonesia. Bela negara tidak hanya terbatas pada pria atau militer, tetapi merupakan kewajiban setiap warga negara.

  1. Di sebuah desa, terjadi penebangan hutan secara liar oleh sekelompok orang. Hutan tersebut merupakan sumber mata air dan memiliki peran penting bagi kehidupan warga desa. Seorang pemuda desa, Andi, berinisiatif untuk mengadakan kampanye pelestarian hutan dan penghijauan kembali. Dengan mengajak pemuda-pemudi lainnya, ia membentuk komunitas pelestarian hutan. Berdasarkan kasus ini, manakah dari pilihan di bawah ini yang paling tepat menggambarkan prinsip “bela negara” yang diterapkan oleh Andi dan komunitasnya?
    A. Memprioritaskan kepentingan pribadi
    B. Mengedepankan kerjasama dengan pihak luar negeri
    C. Memperjuangkan kepentingan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan
    D. Berfokus pada keuntungan ekonomi dari hutan
    E. Menunggu intervensi pemerintah tanpa berbuat apa-apa

Jawaban: C
Pembahasan: Andi dan komunitasnya berupaya melestarikan hutan demi kepentingan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan, yang merupakan bentuk bela negara dalam konteks pelestarian alam.

  1. Sebagai warga negara, Harun memiliki kewajiban untuk berpartisipasi dalam upaya pertahanan negara. Namun, Harun tidak memiliki latar belakang militer. Apa yang bisa Harun lakukan untuk berkontribusi pada pertahanan negara?
    A. Mengikuti pelatihan dasar militer yang diselenggarakan oleh pemerintah.
    B. Menjadi sukarelawan dalam kegiatan sosial yang mendukung pertahanan negara.
    C. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang isu pertahanan negara.
    D. Mendukung produk dalam negeri untuk memperkuat ekonomi nasional.
    E. Semua jawaban benar.

Jawaban: E
Pembahasan: Semua opsi yang diberikan merupakan bentuk kontribusi terhadap pertahanan negara, baik melalui partisipasi langsung dalam pelatihan militer, kegiatan sosial, peningkatan kesadaran, maupun mendukung ekonomi nasional.

  1. Dalam rangka memperkuat pertahanan negara, pemerintah menyelenggarakan program wajib militer untuk para pemuda. Namun, Ali, seorang pemuda yang sedang menempuh pendidikan di universitas, merasa program ini akan mengganggu studinya. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh Ali?
    A. Menolak mengikuti program wajib militer.
    B. Mengajukan penundaan wajib militer sampai selesai studi.
    C. Mengikuti program wajib militer tanpa mengajukan penundaan.
    D. Mencari cara lain untuk berkontribusi pada pertahanan negara tanpa mengikuti wajib militer.
    E. Menggugat pemerintah atas program wajib militer.

Jawaban: B
Pembahasan: Ali dapat mengajukan penundaan wajib militer sampai selesai studinya, sesuai dengan kebijakan yang ada, sehingga tidak perlu mengganggu pendidikannya.

  1. Negara Y memiliki kebijakan bela negara yang mewajibkan setiap warga negaranya untuk memiliki pengetahuan dasar pertahanan. Pemerintah mengadakan program pelatihan untuk semua warga negara. Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap program ini
    A. Masyarakat menolak program ini karena dianggap mengganggu kehidupan sehari-hari.
    B. Masyarakat mendukung program ini karena dianggap penting untuk pertahanan negara.
    C. Masyarakat mengajukan proposal untuk penyesuaian program agar lebih fleksibel.
    D. Masyarakat mengusulkan untuk menambahkan materi lain dalam program pelatihan.
    E. Masyarakat memiliki tanggapan yang beragam terhadap program ini.

Jawaban: E
Pembahasan: Program pelatihan pertahanan yang diadakan untuk semua warga negara dapat menimbulkan berbagai tanggapan, baik dukungan, penolakan, atau usulan penyesuaian dari masyarakat.

  1. Di era modern ini, banyak pemuda yang kurang memahami makna bela negara dan menganggapnya sebagai tanggung jawab yang hanya berhubungan dengan kegiatan militer. Padahal, bela negara memiliki makna yang lebih luas dan dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks ini, apa yang dapat dilakukan oleh pemuda untuk mengimplementasikan nilai-nilai bela negara dalam kehidupan sehari-hari?
    A. Membela negara dari ancaman dan gangguan keamanan.
    B. Menjadi relawan dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.
    C. Menjaga dan melestarikan budaya dan nilai-nilai bangsa.
    D. Mendukung produk dalam negeri dan berusaha meningkatkan kualitasnya.
    E. Semua jawaban benar.

Jawaban: E. Semua jawaban benar.
Pembahasan:

  • Opsi A: Membela negara dari ancaman dan gangguan keamanan merupakan bentuk nyata bela negara. Ini tidak selalu dalam bentuk kegiatan militer, tetapi juga bisa dengan menjaga keamanan lingkungan sekitar.
  • Opsi B: Menjadi relawan dalam kegiatan sosial adalah salah satu bentuk kontribusi positif dalam bela negara.
  • Opsi C: Melestarikan budaya dan nilai-nilai bangsa merupakan upaya menjaga identitas bangsa di tengah arus modernisasi.
  • Opsi D: Mendukung produk dalam negeri juga merupakan bela negara, karena berkontribusi terhadap penguatan ekonomi nasional.
    Semua opsi di atas adalah bentuk nyata bela negara yang dapat dilakukan oleh pemuda.
  1. Dalam sebuah kelompok diskusi di sekolah, Rudi mengemukakan pendapatnya bahwa semua anak Indonesia harus bangga dengan kebudayaan tradisional yang dimilikinya. Pendapat Rudi tersebut menunjukkan bahwa dirinya memiliki rasa …
    A. cinta terhadap negara
    B. tidak peduli dengan kebudayaan tradisional
    C. ingin menonjolkan diri dalam diskusi
    D. tidak suka dengan kebudayaan modern
    E. tidak perlu mempelajari kebudayaan tradisional

Jawaban: A. cinta terhadap negara.
Pembahasan: Rudi menunjukkan cinta terhadap negara dengan menyuarakan kebanggaan pada kebudayaan tradisional. Kebudayaan tradisional adalah bagian dari warisan nasional yang harus dilestarikan sebagai wujud kecintaan pada negara.

  1. Di satu kampung halaman, seorang pemuda bernama Andi berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong membersihkan sungai yang melintasi desanya. Hal ini menunjukkan …
    A. Kepedulian terhadap lingkungan
    B. Keterampilan untuk membersihkan sungai
    C. Niat untuk mendapatkan penghargaan dari masyarakat
    D. Minat dalam bekerja keras
    E. Keinginan untuk tampil di depan orang banyak

Jawaban: A. Kepedulian terhadap lingkungan.
Pembahasan: Keterlibatan Andi dalam kegiatan gotong royong menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan kontribusi terhadap kebersihan serta kelestarian alam.

  1. Di sebuah acara seminar nasional yang dihadiri oleh berbagai perwakilan daerah di Indonesia, mereka membahas isu-isu yang berkaitan dengan nasionalisme dan persatuan. Alasan mereka berkumpul adalah …
    A. Untuk mengenal dan memperkuat budaya suku masing-masing
    B. Untuk menunjukkan kekuatan dan kehebatan wilayah masing-masing
    C. Untuk meningkatkan kerja sama antar daerah dalam mencapai tujuan bersama
    D. Untuk mengevaluasi perkembangan dan kesuksesan daerah dalam mengelola sumber daya
    E. Untuk mengikuti kegiatan sekolah

Jawaban: C. Untuk meningkatkan kerja sama antar daerah dalam mencapai tujuan bersama.
Pembahasan: Tujuan dari seminar nasional adalah memperkuat kerja sama antar daerah, sebagai bagian dari upaya mempererat persatuan nasional. Ini mencerminkan semangat nasionalisme.

  1. Pada hari kemerdekaan negara X, seluruh warga negara merayakan dengan semangat dan kebanggaan. Ada berbagai acara peringatan yang diadakan di seluruh negara, dan bendera negara berkibar dengan gagah. Pada perayaan kali ini, ada seorang pemuda bernama Rudi yang merasa sangat bangga menjadi bagian dari negaranya. Mengapa nasionalisme penting dalam sebuah negara?
    A. Karena nasionalisme membuat orang lebih kaya.
    B. Karena nasionalisme menyebabkan konflik.
    C. Karena nasionalisme menciptakan perbedaan.
    D. Karena nasionalisme memupuk persatuan dan identitas nasional.
    E. Karena nasionalisme membuat orang tidak peduli dengan negara.

Jawaban: D. Karena nasionalisme memupuk persatuan dan identitas nasional.
Pembahasan: Nasionalisme membantu memperkuat rasa persatuan dan identitas nasional di antara warga negara, yang penting untuk menjaga stabilitas dan keberlanjutan sebuah negara.

Dapatkan Buku Petunjuk CPNS 2024 Terbaru dalam format PDF, silahkan mengunduh di sini
Untuk mendapatkan Soal CPNS silahkan mengunduh di sini

Dapatkan latihan soal lengkap lainnya dalam format PDF hanya dengan berlangganan di JadiASN! Dengan JadiASN, Anda akan mendapatkan akses eksklusif ke soal latihan terbaru yang disertai dengan kisi-kisi CPNS 2024, dirancang khusus untuk membantu Anda meraih hasil maksimal di tes. Siapkan diri Anda lebih baik dan tingkatkan peluang lolos seleksi dengan latihan yang terstruktur dan mendalam di JadiASN!

Cocok banget untuk yang pengen jadi PNS, Berlatih dengan cepat hanya pakai buku-buku CPNS 2024 Terpercaya

BUKU CPNS 2024
BUKU CPNS 2024

đź“‹ Keuntungan Buku CPNS 2024

  1. âś…Tersedia ribuan soal Tes CPNS 2024 (sudah sesuai sistem terbaru)
  2. âś…Materi materi SKD sudah sesuai FR CPNS
  3. âś…Tersedia Video pembahasan tiap soalnya

Selain ini Kalian akan mendapatkan Keuntungan

1. Program Premium Gratis selama 7 Hari

Kamu bisa mengakses premium di Aplikasi JadiASN secara gratis selama 7 hari pastinya akan membantu kamu memaksimalkan sistem pembelajaran karena mengkolaborasikam online dan offline lewat buku.

2. 20x live class zoom materi dan bahas soal CPNS

Dilakukan setiap hari senin-jumat pukul 19.00 – 20.00 WIB dimana link zoom tersedia di aplikasi jadiasn menu live class

3. 5 Paket simulasi CPNS

Simulasi yang disesuaikan dengan ujian aslinya dari jumlah soalnya, waktu pengerjaannya, kisi-kisi materi sesuai dengan pemerintah dengan fitur sebagai berikut :
 âś…Terdapat Analisis peluang kelolosan dengan nilai ambang batas
 âś…Terdapat Analisis Kecepatan jawab soal
 âś…Terdapat Analisis salah dan benar
 âś…Bisa diakses via laptop/PC lewat web
 âś…Grafik perkembangan skor simulasi
 âś…Ranking nasional, provinsi, kabupaten
 âś…Pembahasan teks bisa didownload dan diprint
 âś…Simulasi berwaktu sesuai format Ujian Tesnya
 âś…Skor keluar real time
 âś…Soal bisa didownload dan diprint
 âś…Video pembahasan dan teks pembahasan
 âś…Zoom out/ in tampilan soal

4. 20 Paket Latihan soal CPNS

Fitur untuk berlatih soal-soal CPNS dengan sistem 10 soal 10 menit yang memiliki fitur yang sama dengan fitur simulasi CPNS

âś…buku cpns 2023 2024
âś…buku cpns terlengkap 2024
âś…buku cpns 2022 recommended
âś…buku cpns terupdate 2024
âś…buku cpns bumn 2024
âś…buku cpns kemenkumham
âś…buku cpns perawat 2024
âś…buku cpns kemenkumham 2024
âś…buku cpns kejaksaan 2024

Pendapatmu sangat berarti bagi kami! Klik link berikut untuk memberikan feedback dan bantu kami menjadi lebih baik lagi:

https://bit.ly/FeedbackArtikelJadiASN
Sumber:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *