Formasi Umum CPNS 2023

Formasi Umum CPNS 2023 – Cara Mencari Formasi-Formasi CPNS 2023

Formasi Umum CPNS 2023 – Pendaftaran bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2023 telah resmi dibuka sejak Rabu (20/9). Bagi yang berminat, ada beberapa informasi penting mengenai formasi yang harus diketahui.

Menurut informasi dari laman Kemen-PANRB, terdapat kuota sebesar 1.030.751 yang disediakan oleh pemerintah. Namun, ada penurunan jumlah tersebut, mengingat ada instansi yang tidak mengajukan formasi, sehingga tersedia formasi ASN 2023 sebanyak 572.496.

Bagaimana Cara Memeriksa Formasi CPNS-PPPK 2023?

Anda bisa memeriksa formasi CPNS dan PPPK 2023 melalui dua metode, yakni melalui situs resmi SSCASN BKN dan situs dari setiap instansi terkait.

Metode 1: Melalui Situs Resmi SSCASN BKN
  1. Kunjungi https://sscasn.bkn.go.id
  2. Lengkapi kolom “Tingkat Pendidikan” berdasarkan pendidikan terakhir Anda.
  3. Isi kolom “Program Studi”.
  4. Masukkan nama instansi yang ingin diperiksa formasi yang tersedia.
  5. Tentukan “Jenis Pengadaan”, apakah CPNS atau PPPK.
  6. Klik “Cari” untuk menampilkan daftar formasi yang tersedia.

Metode 2: Melalui Situs Instansi Terkait

Berbagai instansi juga menyediakan informasi formasi CPNS dan PPPK 2023 di situs mereka, berikut beberapa tautan yang bisa Anda kunjungi:

Rincian Kuota Formasi:

Berdasarkan postingan resmi dari BKN di TikTok, ada 596 instansi yang membuka pendaftaran CASN 2023, meliputi 72 kementerian dan lembaga, 33 pemerintah provinsi, dan 491 pemerintah kota dan kabupaten, dengan jenjang pendidikan mulai dari SMA hingga S-3.

Itulah tautan dan metode untuk mengecek formasi CPNS-PPPK 2023. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menemukan informasi yang tepat dan membantu dalam proses pendaftaran Anda.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs resmi untuk informasi lebih lanjut dan memastikan keakuratan data yang diterima, dan persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mendaftar pada posisi yang Anda inginkan. Semoga sukses!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *