Apakah PPPK Bisa Daftar CPNS?

Apakah PPPK Bisa Daftar CPNS? Ini Jawabannya!

Apakah PPPK Bisa Daftar CPNS – Di tengah dunia kerja yang dinamis dan penuh peluang, banyak orang berpikir tentang kemungkinan untuk meraih karier yang lebih stabil dan menjanjikan di sektor publik. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, “Apakah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) memiliki kesempatan untuk mendaftar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)?” Jawaban atas pertanyaan ini lebih dari sekadar simpel, karena melibatkan pemahaman tentang kedua jenis posisi dan peraturan yang mengatur mereka.

Pertanyaan apakah PPPK bisa daftar CPNS menjadi salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh para calon pegawai negeri sipil. Hal ini wajar, mengingat PPPK dan CPNS merupakan dua jalur rekrutmen ASN yang berbeda.PPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. PPPK merupakan pegawai ASN yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan penyelenggaraan tugas pemerintahan.

Sementara itu, CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil. CPNS merupakan pegawai ASN yang diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan secara tetap. Jawabannya adalah YA, PPPK bisa mendaftar CPNS. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa PPPK yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan dapat diangkat menjadi CPNS.

Mengapa Pertanyaan Ini Penting?

Pertanyaan mengenai apakah PPPK bisa daftar CPNS menjadi penting karena berhubungan dengan peluang dan masa depan karier. Sebagai PPPK, Anda mungkin memiliki pengalaman berharga dalam bidang Anda, dan ingin terus berkembang dalam lingkungan pemerintah. Pilihan antara tetap sebagai PPPK atau beralih menjadi PNS melalui jalur CPNS bisa memiliki dampak besar pada perjalanan karier dan stabilitas pekerjaan Anda.

Program 50 Day Challenge untuk CPNS 2023

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2023” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh PPPK untuk mendaftar CPNS:

  • Memiliki ijazah Sarjana (S1) atau diploma empat (D4) sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;
  • Memiliki pengalaman kerja paling singkat 1 (satu) tahun sebagai PPPK;
  • Memiliki nilai SKB CPNS yang memenuhi passing grade;
  • Memiliki surat keterangan sehat dari dokter;
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun.

Tips dan Trik untuk PPPK yang Berkeinginan Daftar CPNS

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia kerja. Bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang ingin meraih puncak karier melalui jalur CPNS, persiapan matang dan strategi yang tepat sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang akan membantu Anda meraih sukses dalam upaya mendaftar CPNS setelah menjadi PPPK.

1. Pahami Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran

Langkah pertama adalah memahami persyaratan dan prosedur pendaftaran CPNS yang berlaku di instansi yang Anda tuju. Setiap instansi pemerintah bisa memiliki persyaratan yang berbeda, jadi pastikan Anda memahami dengan baik dokumen-dokumen yang diperlukan dan batas waktu pendaftaran.

2. Pelajari Materi Ujian Secara Mendalam

Tes CPNS meliputi berbagai bidang pengetahuan, termasuk pengetahuan umum, kebijakan pemerintah, dan keterampilan khusus tergantung pada posisi yang Anda inginkan. Sediakan waktu untuk mempelajari materi-materi tersebut secara mendalam dan terstruktur.

3. Gunakan Pengalaman sebagai PPPK sebagai Keunggulan

Sebagai PPPK, Anda telah memiliki pengalaman dalam bekerja di lingkungan pemerintah. Manfaatkan pengalaman ini sebagai keunggulan saat mengikuti tes CPNS. Ceritakan pengalaman Anda secara konkret dalam dokumen lamaran dan saat wawancara (jika ada).

4. Perbaiki Keterampilan Bahasa

Kemampuan berbahasa, terutama bahasa Indonesia, sangat penting dalam pendaftaran CPNS. Pastikan Anda memiliki kemampuan menulis dan berbicara yang baik. Jika posisi yang Anda lamar memerlukan bahasa asing, tingkatkan penguasaan Anda terhadap bahasa tersebut.

5. Simulasi dan Latihan Soal

Mempersiapkan diri dengan mengerjakan latihan soal adalah strategi yang sangat efektif. Temukan buku panduan atau sumber online yang menyediakan kumpulan soal CPNS sebelumnya. Ini akan membantu Anda familiar dengan format soal dan meningkatkan kemampuan menjawab dengan cepat dan tepat.

6. Kembangkan Kemampuan Analitis dan Pemecahan Masalah

Tes CPNS sering kali menguji kemampuan analitis dan kemampuan dalam memecahkan masalah kompleks. Latih kemampuan ini dengan memecahkan masalah sehari-hari, membaca artikel analitis, dan berdiskusi tentang isu-isu yang kompleks.

7. Tingkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Wawancara

Jika ada tahap wawancara, pastikan Anda siap. Latih keterampilan berbicara di depan umum, mengungkapkan pendapat dengan jelas, dan berkomunikasi dengan percaya diri. Pelajari juga tentang instansi yang Anda lamar agar Anda bisa mengungkapkan motivasi dan pemahaman Anda dengan baik.

8. Pertahankan Semangat dan Motivasi

Proses seleksi CPNS bisa menjadi perjalanan panjang. Pertahankan semangat dan motivasi Anda. Ingatkan diri Anda tentang tujuan akhir Anda dan manfaat menjadi seorang PNS dalam membangun karier dan berkontribusi bagi negara.

Mendaftar CPNS setelah menjadi PPPK adalah langkah ambisius dalam meraih puncak karier dalam dunia pelayanan publik. Dengan persiapan matang, pemahaman yang mendalam tentang persyaratan dan materi ujian, serta peningkatan keterampilan pribadi, Anda memiliki peluang besar untuk berhasil dalam seleksi CPNS. Jadikan pengalaman sebagai PPPK sebagai modal tambahan, dan jangan lupa untuk menjaga semangat dan motivasi Anda sepanjang proses seleksi. Dengan tekad dan persiapan yang baik, Anda bisa mewujudkan impian menjadi seorang PNS yang berdedikasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *