Simak!! Cara cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS

Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS – Simak Ini!!

Cara cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS – Bagi ribuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di seluruh Indonesia, fase seleksi administrasi adalah pintu awal menuju perjalanan karier dalam pelayanan publik. Tahap ini menentukan siapa yang akan melanjutkan ke tahap berikutnya dalam proses seleksi CPNS. Oleh karena itu, mengetahui cara cek hasil seleksi administrasi CPNS adalah langkah penting yang ditunggu-tunggu oleh setiap calon. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana Anda dapat dengan mudah dan cepat memeriksa hasil seleksi administrasi CPNS dan mengapa hal ini sangat penting dalam perjalanan menuju menjadi seorang PNS.

Hasil seleksi administrasi adalah tonggak awal yang menentukan apakah Anda akan melanjutkan ke tahap ujian berikutnya dalam seleksi CPNS. Untuk mendapatkan hasil ini, Anda perlu mengeceknya melalui situs resmi yang telah ditentukan oleh panitia seleksi CPNS. Biasanya, hasil seleksi administrasi akan diumumkan di situs web resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) serta situs web instansi pemerintah yang bersangkutan.

Tahapan Daftar CPNS

Proses pendaftaran CPNS melibatkan beberapa tahapan yang harus diikuti dengan cermat. Berikut adalah tahapan-tahapan utama dalam proses daftar CPNS:

1. Persiapan Awal

Sebelum Anda mulai mendaftar CPNS, ada beberapa persiapan awal yang perlu Anda lakukan:

  • Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, transkrip nilai, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Siapkan pas foto sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  • Periksa jadwal CPNS dan pastikan Anda tahu kapan pendaftaran akan dibuka.

2. Pendaftaran Online

Cara cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS – Pendaftaran CPNS biasanya dilakukan secara online melalui situs web resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau situs web resmi instansi yang membuka lowongan CPNS. Berikut langkah-langkah umum dalam pendaftaran online CPNS:

  • Buka situs web resmi yang menyelenggarakan pendaftaran CPNS.
  • Buat akun pengguna jika belum memiliki satu. Ini melibatkan pengisian informasi pribadi, termasuk alamat email dan nomor handphone.
  • Log masuk ke akun pengguna Anda.
  • Isi formulir pendaftaran CPNS secara online dengan mengikuti panduan yang diberikan. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap.
  • Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti scan KTP, ijazah, dan pas foto.
  • Setelah selesai mengisi formulir, pastikan untuk memeriksa kembali semua data yang telah diinput. Kesalahan dalam data pribadi atau dokumen bisa berdampak pada kelancaran proses seleksi Anda.
  • Setelah formulir pendaftaran selesai dan diverifikasi, Anda akan mendapatkan nomor registrasi. Simpan nomor registrasi ini dengan baik karena akan digunakan dalam proses selanjutnya.

3. Pelunasan Biaya Pendaftaran (Jika Ada)

Cara cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS – Beberapa instansi pemerintah mungkin mengenakan biaya pendaftaran CPNS. Jika biaya pendaftaran diperlukan, pastikan Anda membayar sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

4. Verifikasi Dokumen

Setelah pendaftaran online selesai, dokumen-dokumen Anda akan diverifikasi oleh instansi yang bersangkutan. Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen asli yang sesuai dengan yang Anda unggah pada saat pendaftaran. Verifikasi dokumen ini adalah tahap kritis dalam proses seleksi CPNS, dan kesalahan atau ketidaksesuaian dokumen dapat menyebabkan diskualifikasi.

5. Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi adalah tahap awal dalam proses seleksi CPNS. Pada tahap ini, dokumen-dokumen dan data Anda akan diperiksa secara cermat untuk memastikan Anda memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan.

Seleksi administrasi merupakan tahap awal dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tahap ini bertujuan untuk mencocokkan data dan persyaratan administrasi pelamar dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Untuk mengetahui apakah Anda lolos seleksi administrasi, Anda dapat mengeceknya melalui portal SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs web portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Klik tombol “Login” di pojok kanan atas halaman.
  3. Masukkan NIK dan password Anda.
  4. Klik tombol “Login”.

Cara cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS – Setelah Anda berhasil login, Anda akan melihat halaman dashboard akun Anda. Pada halaman ini, Anda akan melihat status kelulusan Anda dalam seleksi administrasi.Jika Anda dinyatakan lolos seleksi administrasi, Anda akan mendapatkan pesan “Anda dinyatakan lulus seleksi administrasi.” Pesan ini akan muncul di halaman dashboard akun Anda.

Jadwal pendaftaran seleksi CPNS 2023

Berdasarkan perencanaan jadwal yang disampaikan BKN, pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka pada 17 September mendatang. Untuk lebih jelasnya simak jadwal setiap tahapan penerimaan CPNS 2023 berikut ini:

Jadwal CPNS 2023
1
2
previous arrow
next arrow

Program 50 Day Challenge untuk CPNS 2023

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2023” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *