CPNS PPPK Guru PAUD 2023

Formasi CPNS PPPK Guru PAUD 2023 Ini Jumlah Formasinya!!

CPNS Guru PAUD 2023 – Pemerintah Indonesia telah membuka pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. Salah satu formasi yang paling banyak dibuka adalah guru, termasuk guru PAUD. Formasi guru PAUD 2023 dibagi menjadi dua, yaitu formasi CPNS dan formasi PPPK. Formasi CPNS dibuka untuk lulusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) atau S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan jurusan PAUD. Sementara itu, formasi PPPK dibuka untuk lulusan D-IV Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) atau D-IV Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan jurusan PAUD.

Jumlah formasi guru PAUD 2023 masih belum diumumkan secara resmi. Namun, berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah formasi guru PAUD pada tahun 2022 mencapai 73.537 formasi.

Peran Penting Guru PAUD dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Guru PAUD memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak usia dini. Mereka bukan hanya pendidik, tetapi juga menjadi contoh peran, pengasuh, dan pembimbing bagi anak-anak. Berikut adalah beberapa peran penting guru PAUD dalam pendidikan anak usia dini:

  1. Pendampingan Anak: Guru PAUD menjadi pendamping utama anak-anak dalam menjalani proses belajar. Mereka memberikan perhatian dan perasaan aman kepada anak-anak, yang sangat penting dalam perkembangan mereka.
  2. Pengajar: Guru PAUD mengajar anak-anak tentang berbagai konsep dasar, seperti angka, huruf, warna, dan bentuk. Mereka menggunakan metode pengajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.
  3. Pembina Perilaku: Guru PAUD membantu anak-anak memahami norma dan nilai-nilai sosial yang baik. Mereka membimbing anak-anak dalam memahami cara berperilaku yang baik dan berinteraksi dengan orang lain.
  4. Mengembangkan Kreativitas: Anak usia dini memiliki imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Guru PAUD mengembangkan potensi ini melalui kegiatan seni, permainan, dan eksplorasi.
  5. Menanamkan Nilai-Nilai Moral: Guru PAUD memiliki peran dalam menanamkan nilai-nilai moral, seperti kejujuran, kerja sama, dan rasa hormat kepada orang lain.
  6. Ketahanan Emosi: Anak-anak usia dini sering mengalami emosi yang kuat dan perubahan cepat dalam suasana hati. Guru PAUD membantu mereka dalam mengatasi emosi ini dan mengembangkan keterampilan sosial yang penting.

Program 50 Day Challenge untuk CPNS 2023

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2023” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Proses seleksi CPNS guru PAUD melibatkan sejumlah tahapan, termasuk pendaftaran, ujian kompetensi, ujian tertulis, wawancara, dan tahap akhir penempatan. Berikut adalah langkah-langkah umum yang harus diikuti untuk meniti karier sebagai guru PAUD melalui jalur CPNS:

1. Pemenuhan Persyaratan

Pertama-tama, calon guru PAUD harus memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Persyaratan ini meliputi pendidikan minimal, usia, serta persyaratan khusus lainnya yang berkaitan dengan posisi guru PAUD.

2. Pendaftaran

Proses pendaftaran CPNS umumnya dilakukan secara online melalui situs resmi yang ditentukan oleh pemerintah. Calon guru PAUD harus mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang akurat dan memuat dokumen-dokumen yang diperlukan.

3. Ujian Kompetensi

Setelah pendaftaran selesai, calon guru PAUD akan mengikuti ujian kompetensi yang menguji pengetahuan dan kemampuan mereka dalam bidang pendidikan anak usia dini. Ujian ini melibatkan soal-soal yang menguji pemahaman mereka tentang perkembangan anak dan metode pengajaran yang sesuai.

4. Ujian Tertulis

Selanjutnya, calon guru PAUD akan mengikuti ujian tertulis yang mencakup berbagai materi pendidikan dan pemerintahan. Ujian tertulis ini adalah salah satu tahap penting dalam seleksi CPNS dan memerlukan persiapan yang matang.

5. Wawancara

Bagi beberapa formasi CPNS guru PAUD, wawancara dapat menjadi tahap seleksi yang harus dihadapi. Wawancara ini bertujuan untuk menilai kemampuan komunikasi, pemahaman, dan motivasi calon guru PAUD.

6. Penempatan

Setelah melewati seluruh tahapan seleksi, calon guru PAUD yang berhasil akan diangkat sebagai CPNS dan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah. Mereka akan mulai tugas sebagai guru PAUD di berbagai sekolah atau lembaga pendidikan yang membutuhkan.

Mau berlatih Soal-soal CPNS 2023? Ayoo segera Masuk Grup Latihan Soal-soal CPNS 2023 Sekarang juga!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *