Daftar Formasi CPNS 2023

Daftar Formasi CPNS 2023 – Segera Cek Daftar Formasi CPNS 2023 Terupdate!

Daftar Formasi CPNS 2023 – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu menjadi topik yang sangat dinantikan oleh ribuan pencari karier di Indonesia. Kesempatan untuk berkarier dalam sektor pemerintahan adalah pintu gerbang menuju stabilitas dan pelayanan publik yang berarti. Tahun 2023 membawa kabar gembira bagi para pencari karier, karena berbagai formasi CPNS 2023 akan segera dibuka. Inilah saatnya untuk menjelajahi daftar formasi yang tersedia dan mencari peluang yang sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda.

Daftar Formasi CPNS 2023 mencakup berbagai jabatan dan posisi di berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintahan daerah di seluruh Indonesia. Setiap formasi memiliki peran dan tanggung jawab yang unik dalam menjalankan fungsi negara. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang berbagai formasi CPNS yang akan dibuka pada tahun 2023, mengungkapkan persyaratan yang diperlukan untuk masing-masing formasi, serta memberikan wawasan tentang bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi seleksi yang kompetitif ini.

Proses Pendaftaran CPNS: Menaklukkan Langkah-Langkah Penting

Proses pendaftaran CPNS adalah salah satu tahap yang sangat dinantikan oleh ribuan calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap tahunnya. Ini adalah pintu masuk menuju karir yang stabil dan penuh tantangan di sektor pemerintahan Indonesia. Namun, proses ini bukanlah tugas yang mudah. Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan cermat langkah-langkah penting dalam proses pendaftaran CPNS, termasuk pemilihan formasi, persyaratan umum, pengisian formulir, seleksi administrasi, ujian kompetensi, tes kesehatan dan wawancara, serta pengumuman hasil.

Pemilihan Formasi: Tindakan Pertama Menuju Mimpimu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam proses pendaftaran CPNS adalah pemilihan formasi. Formasi adalah posisi atau jabatan yang tersedia dalam instansi pemerintahan. Hal ini sangat penting karena Anda harus memilih formasi yang sesuai dengan minat, bakat, dan kualifikasi Anda. Formasi yang Anda pilih akan menjadi dasar karir Anda di dalam pemerintahan.

Ketika memilih formasi, pertimbangkan juga lokasi dan instansi yang mengeluarkan formasi tersebut. Apakah Anda siap untuk bekerja di daerah tertentu atau lebih memilih tinggal di kota besar? Ini adalah pertanyaan penting yang perlu Anda jawab sebelum memilih formasi.

Persyaratan Umum: Memastikan Kelayakan Anda

Setiap formasi CPNS memiliki persyaratan umum yang harus Anda penuhi. Persyaratan ini meliputi usia, kewarganegaraan, dan tingkat pendidikan minimal. Pastikan Anda memeriksa dengan teliti persyaratan umum yang berlaku untuk formasi yang Anda inginkan.

Usia adalah salah satu persyaratan yang sering menjadi sorotan. Pemerintah memiliki batasan usia maksimal untuk mendaftar sebagai CPNS. Jadi, pastikan Anda memenuhi persyaratan usia yang ditetapkan.

Pengisian Formulir: Mengisi dengan Teliti dan Akurat

Program 50 Day Challenge untuk CPNS 2023

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2023” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Setelah Anda memilih formasi dan memastikan Anda memenuhi persyaratan umum, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran dengan cermat dan akurat. Formulir ini akan berisi informasi pribadi Anda, riwayat pendidikan, pengalaman kerja (jika ada), dan dokumen pendukung lainnya.

Penting untuk mengisi formulir dengan hati-hati karena informasi yang Anda berikan akan digunakan untuk verifikasi selama seleksi administrasi. Pastikan semua data yang Anda sampaikan benar dan sesuai dengan dokumen yang Anda miliki.

Seleksi Administrasi: Verifikasi Dokumen Anda

Setelah Anda mengirimkan formulir pendaftaran, proses seleksi administrasi akan dimulai. Pada tahap ini, panitia seleksi akan melakukan verifikasi dokumen Anda. Mereka akan memeriksa keabsahan informasi yang Anda berikan dalam formulir pendaftaran.

Pastikan Anda memiliki semua dokumen pendukung seperti ijazah, sertifikat, dan identitas diri yang diperlukan. Jika ada ketidaksesuaian atau informasi yang tidak valid, ini bisa menjadi alasan diskualifikasi.

Ujian Kompetensi: Menunjukkan Kemampuan Anda

Bagian penting dari proses pendaftaran CPNS adalah ujian kompetensi. Ujian ini mencakup berbagai materi tergantung pada formasi yang Anda pilih. Materi ujian dapat mencakup pengetahuan umum, pengetahuan khusus, dan tes psikotes.

Untuk berhasil dalam ujian kompetensi, persiapkan diri Anda dengan baik. Belajarlah secara intensif tentang materi yang akan diuji dan ikuti kursus persiapan jika perlu. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda selama persiapan.

Tes Kesehatan dan Wawancara: Menunjukkan Potensi Anda

Peserta yang lolos ujian kompetensi akan menghadapi tahap selanjutnya, yaitu tes kesehatan dan wawancara. Tes kesehatan akan memeriksa kondisi fisik dan kesehatan Anda untuk memastikan Anda dapat melaksanakan tugas dengan baik. Di sisi lain, wawancara akan menilai kemampuan komunikasi dan potensi Anda sebagai calon PNS.

Selama wawancara, tunjukkan komitmen Anda untuk melayani negara dan berikan jawaban yang rasional dan berlandaskan pengetahuan.

Pengumuman Hasil: Hasil yang Dinantikan

Setelah melalui semua tahapan di atas, saatnya menantikan pengumuman hasil seleksi. Hasil ini akan diumumkan secara resmi melalui situs web resmi CPNS. Anda dapat menggunakan nomor registrasi yang Anda terima saat pendaftaran untuk memeriksa hasil Anda.

Jika Anda berhasil, selamat! Anda telah melalui proses seleksi CPNS dengan sukses dan siap memulai karir Anda sebagai seorang PNS. Tetapi jika belum berhasil, jangan patah semangat. Anda selalu dapat mencoba lagi di tahun-tahun berikutnya.

Daftar Formasi CPNS 2023

Kementerian Hukum dan HAMAhli Pertama-Jaksa1.966
Mahkamah AgungAhli Pertama-Pranata Peradilan1.669
Kementerian KeuanganAhli Pertama-Pegawai Negeri Sipil1.269
Kementerian Luar NegeriPPPK89
Kementerian AgamaPPPK4.125
Kementerian KesehatanPPPK154.724
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan TeknologiPPPK296.084
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan RakyatPPPK42.826
Kementerian Dalam NegeriPPPK100.827
Kementerian PertanianPPPK30.644
Kementerian PertahananPPPK12.345
Kementerian Kelautan dan PerikananPPPK13.382
Kementerian Energi dan Sumber Daya MineralPPPK244
Kementerian PerhubunganPPPK21.848
Kementerian Komunikasi dan InformatikaPPPK10.170
Kementerian PerindustrianPPPK10.170
Kementerian Koperasi dan UKMPPPK4.628
Kementerian PerdaganganPPPK11.220
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifPPPK6.217
Kementerian Lingkungan Hidup dan KehutananPPPK15.322
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan NasionalPPPK4.628
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan NasionalPPPK10.170
Kementerian SosialPPPK16.892
Kementerian Tenaga KerjaPPPK10.170
Kementerian Pemuda dan OlahragaPPPK4.628
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan AnakPPPK4.628
Badan Pusat StatistikPPPK4.628
Badan Intelijen NegaraPPPK4.628
Badan Pengawasan Keuangan dan PembangunanPPPK4.628
Badan Narkotika NasionalPPPK4.628
Lembaga Ketahanan NasionalPPPK4.628
Badan Kepegawaian NegaraPPPK4.628
Badan Informasi GeospasialPPPK4.628
Otoritas Jasa KeuanganPPPK4.628
Komisi Pemberantasan KorupsiPPPK4.628
Kejaksaan AgungPPPK4.628
Mahkamah AgungPPPK4.628
Mahkamah KonstitusiPPPK4.628
Dewan Perwakilan RakyatPPPK4.628
Dewan Perwakilan DaerahPPPK4.628
Pemerintah DaerahPPPK493.6

Ayoo Download Aplikasi JadiAsn karena banyak sekali yang bisa kamu dapatkan agar kalian CEPAT TERLATIH dengan Soal soal CPNS 2023!!!

– ribuan soal CPNS 2023 dengan pembahasan yang mudah dipahami, berupa video dan teks

-Live Class Gratis (Berlajar Bareng lewat Zoom)
-Materi-materi CPNS 2023
– Ratusan Latsol CPNS 2023
-Puluhan paket Simulasi CPNS 2023
dan masih banyak lagi yang lainnya

Daftar Formasi CPNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *