Instansi CPNS SMA

Instansi CPNS SMA yang Menerima Lulusan SMA/SMK Sederajat

Instansi CPNS SMA – Sebuah karir sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah impian bagi banyak lulusan SMA atau SMK di Indonesia. Namun, seringkali muncul pertanyaan, “Apakah lulusan SMA/SMK punya kesempatan untuk bergabung dengan instansi CPNS?” Jawabannya adalah ya, dan dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa instansi CPNS yang membuka peluang bagi lulusan SMA/SMK sederajat. Peluang ini menawarkan karir yang bermanfaat dan mendalam dalam berbagai sektor pemerintahan.

1. Kementerian/Lembaga Teknis Non Kementerian (K/LTNK)

Kementerian atau Lembaga Teknis Non Kementerian (K/LTNK) adalah salah satu pintu masuk utama bagi lulusan SMA/SMK yang ingin bergabung dengan instansi CPNS. Beberapa K/LTNK memberikan kuota khusus untuk lulusan SMA/SMK, dan mereka membuka seleksi CPNS dengan persyaratan pendidikan yang dapat dijangkau oleh lulusan sekolah menengah.

2. Kementerian Agama

Kementerian Agama adalah instansi yang menyediakan peluang bagi lulusan SMA/SMK. Mereka membuka seleksi CPNS dengan beberapa formasi yang dapat diisi oleh lulusan SMA/SMK. Ini adalah kesempatan bagi lulusan yang memiliki minat dalam bidang keagamaan, seperti tenaga pengajar agama atau staf administrasi.

3. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pariwisata adalah salah satu sektor yang berkembang pesat di Indonesia, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah salah satu instansi yang membuka pintu bagi lulusan SMA/SMK. Mereka membuka seleksi CPNS untuk berbagai formasi, termasuk operator pariwisata dan staf administrasi.

4. Badan Intelijen Negara (BIN)

Bagi yang tertarik dalam bidang intelijen dan keamanan, Badan Intelijen Negara (BIN) adalah instansi yang menerima lulusan SMA/SMK sederajat. Mereka membuka seleksi CPNS dengan persyaratan pendidikan yang dapat dijangkau oleh lulusan sekolah menengah. Profesi ini membutuhkan dedikasi dan komitmen yang tinggi.

5. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)

LKPP bertanggung jawab atas pengadaan barang/jasa pemerintah, dan mereka juga membuka seleksi CPNS dengan beberapa formasi yang dapat diisi oleh lulusan SMA/SMK. Terutama dalam bidang pengadaan barang/jasa, lulusan SMA/SMK memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam pengelolaan keuangan pemerintah.

6. Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg)

Bagi mereka yang tertarik dalam bidang kriptografi dan keamanan siber, Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) adalah instansi yang menerima lulusan SMA/SMK. Mereka membuka seleksi CPNS untuk staf administrasi dan analis keamanan. Dalam era teknologi informasi yang terus berkembang, peran Lemsaneg semakin penting dalam melindungi data negara.

7. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar)

Profesi di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) adalah salah satu yang paling dicita-citakan di kalangan masyarakat. Dinas ini juga membuka seleksi CPNS dengan persyaratan pendidikan yang dapat dijangkau oleh lulusan SMA/SMK. Profesi ini memerlukan keberanian dan keahlian khusus.

8. Dinas Perhubungan

Dalam lingkungan yang semakin terhubung, Dinas Perhubungan memiliki peran penting dalam mengelola transportasi dan infrastruktur. Mereka membuka seleksi CPNS dengan berbagai formasi, termasuk teknisi perhubungan, perencanaan perhubungan, dan staf administrasi.

9. Dinas Komunikasi dan Informatika

Dinas Komunikasi dan Informatika memainkan peran penting dalam pengelolaan teknologi informasi. Mereka membuka seleksi CPNS untuk berbagai formasi, termasuk teknisi IT dan staf administrasi. Profesional di bidang ini berkontribusi pada pengembangan teknologi informasi pemerintah yang canggih.

10. Dinas Lingkungan Hidup

Bagi yang peduli akan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup adalah instansi yang menerima lulusan SMA/SMK sederajat. Mereka membuka seleksi CPNS untuk berbagai formasi, termasuk pengawas lingkungan dan staf administrasi. Lingkungan hidup adalah salah satu sektor yang semakin penting dalam pembangunan berkelanjutan.

11. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bertanggung jawab atas administrasi kependudukan. Mereka membuka seleksi CPNS untuk staf administrasi dan petugas pencatatan sipil. Profesi ini berperan penting dalam pemeliharaan data kependudukan yang akurat.

12. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah instansi yang memainkan peran penting dalam penanganan bencana. Mereka juga membuka seleksi CPNS untuk berbagai formasi, termasuk staf administrasi dan petugas penanggulangan bencana. Profesi ini memerlukan respons cepat dan keberanian dalam situasi darurat.

Dapatkan informasi-informasi penting mengenai CPNS 2023!! Silakan kalian langsung bisa klik tombol dibawah ini dan masuk grup CPNS/PPPK 2023!!

Program 50 Day Challenge untuk CPNS 2023

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2023” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *