Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023

Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 dan Pesyaratanya

Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 – rekrutmen untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil di Indonesia. Proses penerimaan CPNS dilakukan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah untuk mengisi berbagai posisi di berbagai bidang. Calon CPNS harus mengikuti seleksi yang meliputi tes tertulis, tes kompetensi, wawancara, dan tes kesehatan. Setelah berhasil melewati seleksi, calon CPNS akan diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan memiliki status kepegawaian tetap di lingkungan pemerintah.

Sebelumnya jadwal terbaru disampaikan Menpan RB Abdullah Azwar Anas, menyatakan pendaftaran CPNS 2023 dibuka pada September mendatang. Formasi ini terbagi menjadi 78.862 formasi untuk 72 instansi di pemerintah pusat sedangkan 493.634 formasi lainnya untuk memenuhi kebutuhan pegawai di pemerintah daerah. dan untuk pendaftaranya kalian bisa akses link https://daftar-dikdin.bkn.go.id/akun

Rincian Formasi CPNS dan PPPK September 2023

Dari total 78.862, alokasi formasi untuk pemerintah pusat terdiri sebanyak:

  • 28.903 untuk CPNS
  • 49.959 untuk PPPK.

Sedangkan, formasi untuk pemerintah daerah terbagi menjadi:

  • 296.084 PPPK guru
  • 154.724 PPPK tenaga kesehatan
  • 42.826 PPPK teknis.

download aplikasi jadiasn karena ada premium gratis jadiasn semalam 3 hari, program gratis ini khusus untuk bulan ini saja

Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023

Persyaratan Umum:

  1. Kewarganegaraan Indonesia.
  2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon PNS/CPNS atau PNS.
  5. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan sesuai dengan posisi yang dilamar.

Persyaratan Khusus CPNS:

  1. Biasanya, calon CPNS harus lulusan perguruan tinggi sesuai dengan jabatan yang dilamar, dengan gelar Sarjana (S1), Magister (S2), atau Doktor (S3).
  2. Calon CPNS umumnya harus mengikuti ujian seleksi yang mencakup tes tertulis, tes kompetensi, wawancara, dan tes kesehatan.

Persyaratan Khusus PPPK:

  1. Persyaratan pendidikan biasanya disesuaikan dengan posisi yang dibutuhkan, dan bisa beragam, mulai dari lulusan SMA/SMK hingga perguruan tinggi.
  2. PPPK biasanya diangkat berdasarkan perjanjian kerja, yang berarti mereka memiliki kontrak kerja dengan instansi pemerintah untuk jangka waktu tertentu.
  3. Persyaratan khusus lainnya seperti pengalaman kerja atau sertifikasi tertentu dapat berlaku tergantung pada instansi dan posisi yang dilamar.

Untuk jadwal pelaksanaan tahapan seleksi CPNS 2023 akan diawali dengan pengumuman seleksi pada tanggal 16 September dan dilanjutkan ke tahapan pendaftaran CPNS pada tanggal 17 September 2023.

Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023
Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *