Latsar CPNS Berapa Lama?

Latsar CPNS Berapa Lama? – Yuk, Simak Durasinya!

Latsar CPNS Berapa Lama – Latsar CPNS atau Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil adalah salah satu tahapan yang harus dilalui oleh CPNS setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS. Latsar CPNS bertujuan untuk membentuk CPNS menjadi ASN yang profesional, berintegritas, dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Berapa lama latsar CPNS?

Berdasarkan Peraturan LAN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil, latsar CPNS dilaksanakan selama 647 jam pelajaran atau setara dengan 74 hari kerja. Latsar CPNS terdiri dari tiga tahap, yaitu:

  • Pelatihan Mandiri selama 16 hari kerja
  • Distance Learning selama 22 hari kerja
  • Aktualisasi selama 30 hari kerja

Mau berlatih Soal-soal CPNS 2023? Ayoo segera Masuk Grup Latihan Soal-soal CPNS 2023 Sekarang juga!!

Membongkar Materi Latsar CPNS

1. Kebijakan dan Manajemen ASN

Pentingnya Materi Latsar CPNS dimulai dengan pemahaman yang mendalam tentang kebijakan dan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN). Para calon pegawai perlu memahami peran dan tanggung jawab mereka sebagai bagian dari ASN, serta peraturan dan kebijakan yang mengatur birokrasi negara. Ini adalah fondasi bagi pelayanan publik yang berkualitas, karena ASN yang berkinerja baik adalah dasar dari sebuah pemerintahan yang efisien.

2. Wawasan Kebangsaan

Wawasan kebangsaan adalah pondasi dari setiap tindakan seorang pelayan publik. Materi Latsar CPNS memasukkan elemen ini untuk memperkuat kesadaran calon pegawai tentang negara, bangsa, dan ideologi pancasila. Wawasan kebangsaan membantu calon pegawai untuk memahami dan menghargai berbagai lapisan masyarakat Indonesia, serta berperan dalam menjaga persatuan dan kerukunan nasional.

3. Integritas

Integritas adalah aspek yang tak boleh dilupakan dalam Materi Latsar CPNS. Integritas adalah kualitas yang mencerminkan moralitas dan etika individu dalam tindakan mereka sebagai pelayan publik. Para calon pegawai harus dipersenjatai dengan pemahaman tentang betapa pentingnya integritas dalam menjalankan tugas mereka, serta konsekuensi dari pelanggaran etika dan moralitas dalam pelayanan publik.

4. Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah fokus utama dalam Materi Latsar CPNS. Para calon pegawai harus belajar bagaimana memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Ini mencakup pemahaman tentang kebutuhan dan harapan masyarakat, serta keterampilan komunikasi yang baik dalam merespons tantangan yang muncul dalam memberikan pelayanan yang efisien.

5. Manajemen Perubahan

Dalam lingkungan pelayanan publik yang selalu berubah, para calon pegawai perlu memahami konsep manajemen perubahan. Materi Latsar CPNS mencakup aspek ini untuk membekali mereka dengan alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi perubahan yang tak terhindarkan dalam tugas mereka.

6. Komunikasi Publik

Komunikasi publik adalah kunci sukses dalam berinteraksi dengan masyarakat. Calon pegawai perlu memahami bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis. Materi Latsar CPNS membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif agar dapat berkomunikasi dengan masyarakat secara jelas dan transparan.

7. Etika Publik

Etika publik adalah prinsip-prinsip moral yang harus dipatuhi oleh pelayan publik. Materi Latsar CPNS mencakup elemen etika publik untuk memastikan bahwa calon pegawai memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip etika yang harus mereka anut dalam tugas mereka.

8. Anti Korupsi

Pemberantasan korupsi adalah tujuan utama dalam reformasi birokrasi di Indonesia. Para calon pegawai perlu memahami pentingnya integritas dan anti korupsi dalam menjalankan tugas mereka sebagai pelayan publik. Materi Latsar CPNS memberikan landasan yang kuat untuk melawan korupsi dan memastikan bahwa calon pegawai tidak terjerat dalam perilaku yang merugikan masyarakat.

9. Keterampilan Dasar

Selain aspek-aspek di atas, Materi Latsar CPNS juga mencakup keterampilan dasar yang diperlukan dalam menjalankan tugas sebagai pelayan publik. Ini mencakup keterampilan manajerial, analitis, dan berbagai keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam berbagai posisi di sektor publik.

Program 50 Day Challenge untuk CPNS 2023

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2023” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *