Perbedaan CPNS dan CASN

Perbedaan CPNS dan CASN, CPNS dan CASN Itu Berbeda Lohh

Perbedaan CPNS dan CASN – Dalam dunia pegawai negeri, istilah CPNS dan CASN seringkali menjadi topik perbincangan yang menarik. Banyak yang mungkin mengira bahwa keduanya adalah hal yang sama, namun faktanya, CPNS dan CASN memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang perbedaan antara CPNS dan CASN, serta pentingnya memahami kedua istilah ini dengan baik. Mari kita eksplor lebih lanjut!

Apa Itu CPNS

CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil. CPNS adalah mereka yang telah lulus seleksi masuk menjadi pegawai negeri sipil dan belum diangkat sebagai PNS tetap. Proses seleksi CPNS dilakukan secara nasional dan diatur oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). CPNS biasanya direkrut untuk mengisi formasi jabatan yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah.

Apa Itu CASN?

CASN merupakan singkatan dari Calon Aparatur Sipil Negara. CASN adalah mereka yang telah lulus seleksi masuk menjadi aparatur sipil negara dan belum diangkat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) tetap. Seleksi CASN dilakukan secara online melalui Sistem Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). CASN biasanya direkrut untuk mengisi formasi jabatan yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah.

Cara Efektif Mengatur Waktu Belajar untuk Ujian CASN

Program Premium CPNS 2024

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2024” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Perbedaan Antara CPNS dan CASN

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menjadi bagian dari birokrasi pemerintah, namun ada beberapa perbedaan mendasar antara CPNS dan CASN, antara lain:

  • Proses Seleksi: Proses seleksi CPNS dilakukan secara nasional dan melibatkan tes tertulis, wawancara, dan uji kompetensi lainnya. Sedangkan seleksi CASN dilakukan secara online melalui sistem yang dikelola oleh BKN.
  • Kewenangan: CPNS diangkat oleh instansi pemerintah setelah lulus seleksi dan memiliki kewenangan untuk bekerja di instansi tersebut. Sedangkan CASN memiliki status yang lebih sementara dan belum memiliki kewenangan penuh sebagai ASN.
  • Waktu Seleksi: Proses seleksi CPNS biasanya dilakukan satu atau dua kali dalam setahun sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah. Sedangkan seleksi CASN dapat dilakukan secara fleksibel tergantung pada kebutuhan instansi yang bersangkutan.

Ayoo Download Aplikasi JadiAsn karena banyak sekali yang bisa kamu dapatkan agar kalian CEPAT TERLATIH dengan Soal soal CPNS 2024!!!

  • Dapatkan ribuan soal CPNS 2024 dengan pembahasan yang mudah dipahami, berupa video dan teks
  • Live Class Gratis (Berlajar Bareng lewat Zoom)
  • Materi-materi CPNS 2024
  • Ratusan Latsol CPNS 2024
  • Puluhan paket Simulasi CPNS 2024
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Pentingnya Memahami Perbedaan Ini

Memahami perbedaan antara CPNS dan CASN sangatlah penting, terutama bagi mereka yang tertarik untuk bergabung dengan birokrasi pemerintah. Dengan memahami perbedaan ini, calon pelamar dapat lebih siap dalam menghadapi proses seleksi yang berbeda-beda. Selain itu, pemahaman yang baik tentang kedua istilah ini juga dapat membantu calon pelamar untuk menentukan strategi yang tepat dalam mempersiapkan diri dan mengikuti seleksi.

Baca Juga: Apa Itu CPNS – Penting Tau Ini Sebelum Daftar CPNS!!

Peluang Karir dan Pengembangan

Meskipun status awalnya berbeda, baik CPNS maupun CASN memiliki peluang untuk mengembangkan karir mereka di birokrasi pemerintah. Setelah diangkat menjadi ASN tetap, baik CPNS maupun CASN memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai program pelatihan dan pengembangan yang ditawarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi mereka.

CPNS dan CASN adalah dua istilah yang sering digunakan dalam dunia pegawai negeri, namun keduanya memiliki perbedaan yang penting untuk dipahami. CPNS merupakan calon pegawai negeri sipil yang telah lulus seleksi nasional, sedangkan CASN adalah calon aparatur sipil negara yang telah lulus seleksi online melalui sistem yang dikelola oleh BKN. Memahami perbedaan antara kedua istilah ini akan membantu calon pelamar untuk lebih siap dalam menghadapi proses seleksi dan mengembangkan karir mereka di birokrasi pemerintah.

Mau berlatih Soal-soal CPNS 2024? Ayoo segera Masuk Grup Latihan Soal-soal CPNS 2024 Sekarang juga!!

Buku CPNS 2024 / Smartbook CPNS 2024

Buku CPNS 2024 ini sudah terbukti mambantu meloloskan ribuan siswa pejuang CPNS. Selain itu, buku ini disajikan dengan teknologi Barcode untuk akases video pembahasan.

Slide

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *