Persyaratan Daftar CPNS 2023

Persyaratan Daftar CPNS 2023 – Siapkan 7 Berkas Persyaratan CPNS 2023 Ini!

Persyaratan Daftar CPNS 2023 – Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bahwa Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2023 akan dibuka pada pertengahan bulan September 2023. Dalam artikel berikut ini, kami akan menjelaskan persyaratan pendaftaran untuk CPNS 2023.

Seleksi CASN tahun ini memberikan kesempatan bagi individu yang memiliki cita-cita menjadi abdi negara. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, memberikan imbauan penting kepada calon pelamar agar mereka dapat mengikuti proses seleksi dengan sukses.

Sebelum melakukan pendaftaran, calon pelamar diwajibkan memahami syarat-syarat untuk mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dalam hal ini, termasuk di dalamnya adalah batasan usia pelamar, kualifikasi pendidikan yang diperlukan, serta persyaratan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami dan memenuhi syarat-syarat tersebut dengan baik.

Abdullah Azwar Anas menekankan pentingnya mengetahui secara spesifik formasi jabatan yang akan dilamar, baik itu untuk menjadi CPNS atau PPPK. Setiap jabatan mungkin memiliki persyaratan khusus yang perlu diperhatikan, sehingga calon pelamar disarankan untuk memilih dengan bijak.

Program 50 Day Challenge untuk CPNS 2023

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2023” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Berikut beberapa persyaratan umum untuk mendaftar CPNS 2023:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Calon pelamar harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ini merupakan syarat dasar yang wajib dipenuhi.
  2. Usia: Peserta seleksi CPNS harus memiliki usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melakukan pendaftaran. Pastikan untuk mematuhi batasan usia yang telah ditetapkan.
  3. Rekam Jejak Hukum: Calon pelamar tidak boleh memiliki catatan rekam jejak hukum yang melibatkan pidana penjara. Hal ini penting untuk menjaga integritas CPNS.
  4. Tidak Pernah Diberhentikan dengan Tidak Hormat: Peserta seleksi tidak boleh pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau mengundurkan diri dari jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI, atau kepolisian. Ini mencerminkan disiplin yang dibutuhkan dalam karir pemerintahan.
  5. Tidak Berstatus Sebagai CPNS, PNS, TNI, atau Sejenisnya: Peserta seleksi CPNS tidak boleh memiliki status sebagai CPNS, PNS, anggota TNI, atau dalam posisi serupa pada saat mendaftar. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kesempatan seleksi tetap terbuka bagi semua.
  6. Kualifikasi Pendidikan: Peserta harus memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dibuka. Pastikan bahwa Anda memenuhi syarat pendidikan yang telah ditetapkan.
  7. Kesehatan Jasmani dan Rohani: Peserta harus berada dalam kondisi kesehatan jasmani dan rohani yang baik. Ini akan diuji melalui tes kesehatan selama proses seleksi.
  8. Tidak Berada dalam Partai Politik: Peserta CPNS harus bersikap netral secara politik dan tidak boleh menjadi anggota atau pengurus partai politik. Hal ini diperlukan untuk memastikan independensi dalam bekerja.
  9. Siap Ditempatkan di Seluruh Wilayah Indonesia dan Negara Lain: Calon pelamar harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau bahkan di luar negeri, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh instansi yang dilamar.
  10. Persyaratan Khusus: Harap diingat bahwa berkas dan syarat pendaftaran CPNS 2023 dapat berbeda-beda tergantung pada kementerian atau instansi pemerintah yang Anda lamar. Pastikan untuk memeriksa persyaratan khusus yang mungkin berlaku untuk posisi dan jabatan yang Anda minati.

Selalu pastikan untuk mengikuti informasi terbaru mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran yang akan diumumkan secara resmi. Berkas atau dokumen yang umumnya diperlukan dalam pendaftaran CPNS 2023 antara lain:

  • Ijazah
  • Transkrip nilai
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Akta kelahiran
  • Daftar riwayat hidup (CV)
  • Dokumen lain yang mungkin diminta oleh instansi yang Anda lamar

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka,” kata Abdullah Azwar Anas. “Setiap instansi memiliki persyaratan khusus yang berbeda. Perhatikan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran agar tidak mengalami kendala saat melamar,” tambahnya.

Pengumuman mengenai seleksi akan dilakukan oleh instansi pemerintah pada rentang tanggal 16-30 September 2023, sementara proses pendaftaran akan dimulai dari tanggal 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendaftar CPNS 2023:

  1. Buka laman resmi pendaftaran SSCASN di daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.
  2. Isi kolom yang diminta dengan informasi pribadi Anda, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP, Nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone yang aktif, serta alamat email pribadi yang masih berlaku.
  3. Setelah mengisi semua informasi di atas, masukkan kode Captcha yang muncul di halaman untuk memastikan Anda bukan robot.
  4. Klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  5. Lanjutkan dengan mengunggah foto scan KTP Anda dan foto swafoto sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Tahap ini sangat penting, pastikan dokumen yang diunggah sesuai dengan persyaratan.
  6. Jika semua informasi sudah benar dan dokumen telah diunggah dengan baik, klik “Proses Pendaftaran Akun” untuk melanjutkan proses pendaftaran akun.
  7. Sebelum menyelesaikan proses pendaftaran akun, akan muncul konfirmasi. Pastikan Anda telah memeriksa kembali semua informasi yang Anda berikan. Jika semuanya benar, klik “Iya” untuk melanjutkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat mengikuti proses pendaftaran CPNS 2023 dengan lancar. Pastikan untuk selalu mengikuti informasi terbaru yang diumumkan oleh instansi terkait untuk memastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang berlaku.

Mau mendapatkan Soal-soal Latihan CPNS 2023? Mudah banget loh, Ayoo klik tombol dibawah

100% GRATIS

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *