pppk daftar cpns boleh?

PPPK Daftar CPNS Boleh?, PPPK Boleh Daftar CPNS, Simak Ketentuannya

PPPK Daftar CPNS Boleh? – Bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), pertanyaan yang sering muncul adalah apakah mereka bisa mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)? Jawabannya adalah YA, PPPK boleh mendaftar CPNS. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipenuhi.

Dasar Hukum PPPK Mendaftar CPNS

Ketentuan mengenai PPPK yang ingin mendaftar CPNS tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK. Dalam pasal 41 ayat (1) disebutkan:

“PPPK dapat mengikuti seleksi pengadaan PNS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”

PPPK Daftar CPNS Boleh? – Hal ini diperkuat lagi dengan pernyataan dari Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama, yang menyatakan bahwa PPPK boleh mendaftar CPNS asalkan mengajukan pemberhentian terlebih dahulu.

Persyaratan PPPK Mendaftar CPNS

Meskipun secara hukum PPPK diperbolehkan mendaftar CPNS, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Mengajukan Pemberhentian: Sebelum mendaftar CPNS, PPPK harus mengajukan pemberhentian sebagai PPPK terlebih dahulu. Pemberhentian ini diajukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi tempat PPPK bekerja.
  2. Memenuhi Persyaratan Pendaftaran CPNS: Selain mengajukan pemberhentian, PPPK juga harus memenuhi seluruh persyaratan pendaftaran CPNS yang ditentukan oleh instansi yang bersangkutan. Persyaratan tersebut meliputi kualifikasi pendidikan, batas usia, kompetensi dasar, dan lain-lain.
  3. Lulus Seleksi CPNS: Setelah memenuhi semua persyaratan, PPPK harus mengikuti dan lulus seluruh tahapan seleksi CPNS. Seleksi tersebut bisa berupa seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan PPPK Sebelum Mendaftar CPNS

Sebelum memutuskan untuk mendaftar CPNS, PPPK perlu mempertimbangkan beberapa hal:

  1. Konsekuensi Pemberhentian: Memutuskan mendaftar CPNS berarti PPPK harus melepas statusnya sebagai PPPK dan seluruh hak yang dimilikinya, seperti tunjangan kinerja dan masa kerja.
  2. Peluang Diterima: Persaingan untuk masuk CPNS biasanya sangat ketat. PPPK harus mempersiapkan diri dengan baik dan memiliki kompetensi yang unggul untuk meningkatkan peluang diterima.
  3. Kebutuhan Instansi: PPPK harus memastikan bahwa instansi yang dituju membuka formasi untuk jurusan dan kualifikasi yang dimiliki.
  4. Lokasi Penempatan: PPPK harus siap ditempatkan di lokasi yang ditentukan oleh instansi yang dituju, termasuk di luar daerah asal.

Apakah Waktu Kerja PPPK Diakui Sebagai Pengalaman Kerja CPNS?

Seringkali, para PPPK juga khawatir apakah waktu kerja mereka akan diakui sebagai pengalaman kerja jika nantinya mereka memutuskan untuk mendaftar CPNS. Jawabannya adalah iya, waktu kerja sebagai PPPK diakui sebagai pengalaman kerja bagi calon CPNS. Namun, pengakuan ini tentu saja sesuai dengan aturan yang berlaku dan tergantung pada lamanya waktu kerja serta bidang pekerjaan yang dijalani.

Penting untuk mencatat bahwa pengalaman kerja sebagai PPPK dapat memberikan nilai tambah pada portofolio calon CPNS. Pengalaman ini dapat mencerminkan dedikasi dan kontribusi terhadap instansi pemerintah, memberikan keunggulan tersendiri dalam proses seleksi.

Mau berlatih Soal-soal CPNS 2024? Ayoo segera Masuk Grup Latihan Soal-soal CPNS 2024 Sekarang juga!!

PPPK Daftar CPNS Boleh?

Program Premium CPNS 2024

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2023” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *