syarat ujian skd cpns 2023

Syarat Ujian SKD CPNS – Jangan Sampai Salah, Ini Syarat Ujian SKD CPNS 2023!

Syarat Ujian SKD CPNS 2023 – Menuju perjalanan karier sebagai seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah tantangan yang penuh harapan dan persaingan ketat. Salah satu tahap penting dalam seleksi CPNS adalah Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang memerlukan persiapan matang dan pemahaman mendalam tentang persyaratan yang diperlukan.

Pintu menuju karier sebagai CPNS pada tahun 2023 terbuka lebar, namun untuk melewatinya, pemahaman mendalam tentang syarat ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) sangat penting. Artikel ini akan membahas syarat-syarat utama yang harus Anda penuhi untuk menghadapi ujian ini dengan sukses.

Dengan pemahaman yang kuat tentang syarat-syarat ini, Anda akan dapat merencanakan langkah-langkah berikutnya dengan lebih efektif dan dengan lebih yakin menghadapi ujian yang akan datang. Mari kita telusuri bersama-sama persyaratan yang dibutuhkan untuk menghadapi Ujian SKD CPNS 2023 dan bersiap untuk meraih peluang karier yang menantang namun sangat bermanfaat.

Syarat Ujian SKD CPNS 2023

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan salah satu tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). SKD ini menggunakan tes berbasis komputer (CBT) yang terdiri dari tiga materi, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mengikuti SKD. Oleh karena itu, peserta CPNS 2023 perlu memahami syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti SKD.

Berikut adalah syarat-syarat ujian SKD CPNS 2023:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/MA/SMK sederajat atau yang sederajat
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari suatu jabatan di instansi pemerintah atau swasta
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm (pria) dan 155 cm (wanita)
  • Memiliki berat badan seimbang dengan tinggi badan
  • Tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat
  • Tidak memiliki riwayat penyakit yang dapat mengganggu tugas pemerintahan

Program 50 Day Challenge untuk CPNS 2023

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Paket Bimbel CPNS
Gambar WhatsApp 2023-10-24 pukul 09.18.13_2eda66a6
Gambar WhatsApp 2023-10-24 pukul 09.18.13_a19d875c
Gambar WhatsApp 2023-10-24 pukul 09.18.13_cd1ea571
Gambar WhatsApp 2023-10-24 pukul 09.18.13_e2837033
Gambar WhatsApp 2023-10-24 pukul 09.18.13_2c4f8513
Gambar WhatsApp 2023-10-24 pukul 09.18.13_875b8246
Gambar WhatsApp 2023-10-24 pukul 09.18.13_1224dbfd
Gambar WhatsApp 2023-10-24 pukul 09.18.13_ad95dcc9
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2023” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Tips Lolos Ujian SKD CPNS: Menghadapi Tantangan dengan Sukses

Kenali Format Ujian

Langkah pertama adalah memahami format ujian SKD. Biasanya, ujian ini terdiri dari beberapa bagian, seperti tes pengetahuan umum, kemampuan bahasa Indonesia, kemampuan bahasa Inggris (jika diperlukan), dan tes karakteristik pribadi. Ketahui dengan baik jenis soal, durasi, dan bobot nilai setiap bagian.

2. Pelajari Materi yang Diuji

Buat daftar materi yang akan diuji dalam ujian SKD. Ini biasanya mencakup pengetahuan umum, termasuk aspek-aspek seperti sejarah, geografi, politik, dan hukum Indonesia. Pelajari materi ini secara mendalam dan gunakan sumber daya seperti buku pelajaran, sumber daring, dan kursus persiapan jika diperlukan.

3. Latihan Soal-soal Ujian

Latihan adalah kunci keberhasilan. Gunakan buku panduan atau situs web yang menyediakan soal-soal ujian SKD sebagai latihan. Praktikkan soal-soal ini secara teratur untuk mengasah keterampilan dan kecepatan mengerjakan soal.

4. Atur Waktu dengan Baik

Ujian SKD memiliki batasan waktu yang ketat. Selalu perhatikan waktu yang tersisa saat mengerjakan setiap bagian ujian. Jangan terlalu lama pada satu soal yang sulit; sebaiknya lanjutkan ke soal berikutnya dan kembali jika ada waktu.

5. Pertahankan Kesehatan Mental dan Fisik

Penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik selama persiapan dan saat menghadapi ujian. Istirahat yang cukup, makan dengan seimbang, dan tetap tenang adalah faktor kunci untuk meraih hasil yang baik.

6. Jangan Lupakan Tes Karakteristik Pribadi

Tes karakteristik pribadi juga menjadi bagian penting dalam ujian SKD. Persiapkan diri Anda dengan memahami prinsip-prinsip kepribadian dan etika yang diharapkan dari seorang CPNS.

7. Simulasikan Ujian Sebenarnya

Sebelum ujian sebenarnya, coba lakukan simulasi ujian. Ini dapat membantu Anda mengalami suasana ujian dan mengurangi kecemasan saat ujian sebenarnya berlangsung.

8. Evaluasi dan Perbaiki

Setelah mengikuti ujian SKD simulasi atau sebenarnya, evaluasilah hasil Anda. Identifikasi area yang perlu ditingkatkan dan perbaiki kesalahan-kesalahan yang telah Anda lakukan.

9. Tetap Tenang dan Fokus

Saat hari ujian tiba, tetap tenang dan fokus. Jangan biarkan kecemasan menghalangi kinerja Anda. Ingat, Anda telah melakukan persiapan yang baik.

10. Tetap Termotivasi

Terakhir, tetap termotivasi dan ingatkan diri Anda pada tujuan akhir Anda: menjadi seorang CPNS. Semangat dan tekad adalah kunci untuk mengatasi semua hambatan yang mungkin muncul.

Dengan memahami format ujian, persiapan yang baik, dan pemeliharaan kesehatan mental dan fisik, Anda memiliki peluang besar untuk lolos ujian SKD CPNS. Gunakan tips-tips ini sebagai panduan Anda menuju sukses dalam perjalanan menuju karier sebagai seorang Calon Pegawai Negeri Sipil. Selamat belajar dan semoga sukses!

Jadwal tes cpns yang kalian perlu catat!

Jadwal CPNS 2023
1
2
previous arrow
next arrow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *