Tryout Psikotes CPNS

Tryout Psikotes CPNS 2024: Tingkatkan Peluangmu Menjadi PNS!

Tryout psikotes CPNS – Menghadapi psikotes CPNS 2024 bukanlah hal yang mudah, namun dengan persiapan yang tepat, peluangmu untuk lolos bisa meningkat drastis! Salah satu cara paling efektif untuk mempersiapkan diri adalah dengan mengikuti Tryout Psikotes CPNS yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuanmu dalam menjawab soal-soal yang akan dihadapi nanti. Dengan mengikuti tryout ini, kamu bisa melatih kemampuan berpikir logis, analitis, dan problem-solving, yang menjadi kunci sukses dalam ujian psikotes. Jangan biarkan kesempatan berlalu begitu saja, siapkan dirimu mulai sekarang dan tingkatkan peluangmu untuk menjadi PNS di tahun 2024!

Pahami Kisi-Kisi Tes SKD CPNS 2024!

Kisi-kisi Soal CPNS 2024

Untuk menghadapi Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024, persiapan yang matang sangat diperlukan. Agar bisa mencapai hasil terbaik, penting untuk memahami kisi-kisi soal yang akan muncul dalam tes tersebut. SKD terdiri dari tiga bagian utama: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing subtes memiliki tantangan tersendiri, namun dengan memahami kisi-kisinya, kamu bisa belajar lebih fokus dan efektif. Berikut adalah penjelasan lengkapnya untuk membantumu lebih siap menghadapi tes CPNS 2024!

Kisi-Kisi TWK CPNS 2024

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan menilai pemahaman peserta terkait nasionalisme, integritas, bela negara, pilar-pilar negara, serta penggunaan Bahasa Indonesia. Berikut rincian setiap komponen:

  • Tes Nasionalisme: Mengukur kemampuan peserta dalam menjaga identitas bangsa sekaligus mewujudkan kepentingan nasional.
  • Tes Integritas: Menilai sikap jujur, tangguh, dan konsisten dalam mencapai tujuan nasional.
  • Tes Bela Negara: Membentuk karakter positif melalui pemahaman terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
  • Tes Bahasa Negara: Mengukur kemampuan peserta dalam menggunakan Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa.

Kisi-Kisi TIU CPNS 2024

Tes Intelegensi Umum (TIU) mengevaluasi kemampuan peserta dalam aspek verbal, numerik, dan figural. Berikut rincian kemampuannya:

  • Kemampuan Verbal:
    • Tes Analogi: Mengukur kemampuan bernalar melalui perbandingan konsep kata.
    • Tes Silogisme: Menguji kemampuan dalam menyimpulkan dari dua pernyataan.
    • Tes Analitis: Menilai kemampuan menganalisis informasi dan menarik kesimpulan.
  • Kemampuan Numerik:
    • Tes Berhitung: Menguji kemampuan berhitung sederhana.
    • Tes Deret Angka: Mengukur kemampuan dalam menemukan pola angka.
    • Tes Perbandingan Kuantitatif: Menilai kemampuan dalam menyimpulkan dua data kuantitatif.
    • Tes Soal Cerita: Mengukur kemampuan menganalisis informasi kuantitatif dari cerita.
  • Kemampuan Figural:
    • Tes Analogi: Mengukur kemampuan bernalar dengan membandingkan gambar.
    • Tes Ketidaksamaan: Menguji kemampuan dalam melihat perbedaan antara gambar.
    • Tes Serial: Mengukur kemampuan dalam menemukan pola hubungan gambar.

Kisi-Kisi TKP CPNS 2024

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) mencakup berbagai aspek seperti pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi, profesionalisme, dan sikap terhadap radikalisme. Berikut rinciannya:

  • Pelayanan Publik: Mengukur kemampuan memberikan layanan yang ramah dan efektif sesuai dengan tugas yang diemban.
  • Jejaring Kerja: Menilai kemampuan dalam membangun relasi kerja, berkolaborasi, dan berbagi informasi.
  • Sosial Budaya: Menguji kemampuan adaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat yang beragam.
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengukur kemampuan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kinerja.
  • Profesionalisme: Menilai kesesuaian perilaku dalam menjalankan tugas sesuai tuntutan jabatan.
  • Anti-Radikalisme: Menguji pemahaman dan sikap peserta terhadap radikalisme serta respons terhadap situasi yang memerlukan tindakan tegas.

Untuk lebih lengkap, kamu dapat mengunduh kisi-kisi SKD CPNS 2024 melalui tautan berikut: klik di sini!

20 Contoh Soal Tryout Psikotes CPNS 2024

TWK - Tes Wawasan Kebangsaan
  1. Budi memperhatikan bahwa temannya membuang sampah sembarangan. Apa yang paling mungkin dilakukan Budi untuk menunjukkan sikap nasionalisme?
    a. Budi menegur temannya dengan keras agar takut.
    b. Budi membiarkan temannya karena itu bukan urusannya.
    c. Budi mengingatkan temannya dengan sopan tentang pentingnya menjaga lingkungan.
    d. Budi melaporkan temannya ke guru.
    e. Budi meminta bantuan teman lain untuk menegur temannya.
  2. Mengapa tindakan Budi mengingatkan temannya tentang sampah dapat dianggap sebagai sikap nasionalisme?
    a. Karena Budi ingin mengkritik temannya di depan umum.
    b. Karena Budi menunjukkan kepeduliannya terhadap kebersihan dan cinta tanah air.
    c. Karena Budi ingin memarahi temannya.
    d. Karena Budi hanya ingin dihargai oleh gurunya.
    e. Karena Budi ingin membuktikan bahwa ia lebih baik dari temannya.
  3. Apa alasan utama Budi mengingatkan temannya untuk tidak membuang sampah sembarangan?
    a. Agar temannya mendapatkan hukuman dari guru.
    b. Untuk menjaga kebersihan sekolah sebagai bentuk cinta terhadap Indonesia.
    c. Karena Budi tidak menyukai temannya.
    d. Agar temannya menjadi malu di depan yang lain.
    e. Karena Budi ingin menunjukkan kekuasaannya.
  4. Bagaimana cara terbaik bagi Budi untuk menunjukkan rasa nasionalisme dalam menghadapi perilaku temannya yang membuang sampah sembarangan?
    a. Budi menegur temannya dengan kasar agar jera.
    b. Budi mendiamkan temannya dan membersihkan sampahnya sendiri.
    c. Budi mengingatkan temannya tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan cara yang ramah.
    d. Budi melaporkan temannya kepada orang tua.
    e. Budi marah dan membuang sampah tersebut ke meja temannya.
  5. Jika Budi ingin menanamkan rasa cinta tanah air pada temannya, apa yang sebaiknya ia lakukan?
    a. Menegur temannya dengan cara yang menyakitkan.
    b. Membantu temannya memahami pentingnya menjaga kebersihan.
    c. Menyuruh temannya pergi dari sekolah.
    d. Melakukan aksi protes terhadap temannya.
    e. Menyebarkan perilaku buruk temannya ke media sosial.
  6. Apa dampak positif dari tindakan Budi yang mengingatkan temannya tentang kebersihan?
    a. Budi akan dihormati oleh guru-gurunya.
    b. Temannya akan dipermalukan di depan kelas.
    c. Kebersihan lingkungan sekolah terjaga, dan cinta tanah air ditumbuhkan.
    d. Budi menjadi terkenal di sekolah karena tindakannya.
    e. Temannya akan membalas dengan perbuatan yang lebih buruk.
  7. Apa sikap yang sebaiknya dihindari oleh Budi jika ingin mengajarkan cinta tanah air kepada temannya?
    a. Mengingatkan temannya secara baik-baik.
    b. Menegur dengan tujuan mempermalukan temannya.
    c. Mencontohkan perilaku yang baik dalam menjaga kebersihan.
    d. Mengajak temannya membersihkan sampah bersama.
    e. Mengedukasi tentang pentingnya kebersihan.
  8. Bagaimana cara Budi bisa menyampaikan pesan nasionalisme tanpa membuat temannya merasa disudutkan?
    a. Budi berbicara kepada temannya secara langsung dan sopan tentang pentingnya menjaga kebersihan.
    b. Budi melaporkan temannya ke guru untuk mendapatkan hukuman.
    c. Budi memarahi temannya di depan teman-teman lainnya.
    d. Budi membiarkan hal tersebut karena tidak mau terlibat.
    e. Budi membuat poster berisi nama temannya yang membuang sampah.
  9. Mengapa tindakan Budi dalam menjaga kebersihan dapat dianggap sebagai bentuk kecintaan terhadap Indonesia?
    a. Karena menjaga kebersihan adalah bagian dari kewajiban sebagai warga negara.
    b. Karena itu adalah instruksi dari guru.
    c. Karena Budi ingin mendapatkan penghargaan di sekolah.
    d. Karena Budi takut dimarahi oleh orang tuanya.
    e. Karena Budi ingin mendapatkan nilai bagus.
  10. Apa yang seharusnya menjadi tujuan Budi ketika mengingatkan temannya tentang pentingnya menjaga lingkungan?
    a. Membuat temannya merasa bersalah dan malu.
    b. Membantu temannya mengerti pentingnya kebersihan sebagai wujud cinta tanah air.
    c. Menunjukkan bahwa Budi lebih peduli pada lingkungan.
    d. Menghindari tanggung jawab atas masalah lingkungan.
    e. Mengandalkan guru untuk memberikan hukuman.
  11. Apa sikap nasionalisme yang bisa ditiru dari tindakan Budi?
    a. Budi selalu ingin tampil lebih baik dari yang lain.
    b. Budi melaporkan kesalahan temannya ke guru untuk mendapatkan perhatian.
    c. Budi memberikan contoh baik dalam menjaga lingkungan.
    d. Budi mengabaikan kesalahan temannya dan tidak ikut campur.
    e. Budi marah ketika temannya tidak mau mendengarkannya.
  12. Apa yang bisa dilakukan Budi untuk mengajak temannya mencintai Indonesia melalui tindakan sehari-hari?
    a. Membantu temannya memahami nilai-nilai nasionalisme melalui contoh nyata seperti menjaga kebersihan.
    b. Meminta temannya untuk selalu mengikutinya ke mana pun.
    c. Mengabaikan temannya karena tidak peduli pada kebersihan.
    d. Menghukum temannya setiap kali berbuat salah.
    e. Membuat grup diskusi untuk mendebat temannya tentang kebersihan.
  13. Bagaimana Budi bisa mengajak teman-temannya menjaga lingkungan sekolah secara bersama-sama?
    a. Dengan mengancam temannya agar selalu menjaga kebersihan.
    b. Dengan memberikan contoh baik dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
    c. Dengan melaporkan teman-temannya yang tidak menjaga kebersihan.
    d. Dengan memaksa teman-temannya untuk bekerja sesuai aturannya.
    e. Dengan diam saja ketika melihat temannya membuang sampah sembarangan.
  14. Apa yang harus dilakukan Budi jika temannya tidak mendengarkan nasihat tentang menjaga kebersihan?
    a. Budi menghindari temannya selamanya.
    b. Budi berbicara dengan temannya dan memberikan pemahaman lebih lanjut.
    c. Budi melaporkan temannya ke kepala sekolah.
    d. Budi menghukum temannya sendiri.
    e. Budi mempermalukan temannya di depan kelas.
  15. Apa yang mungkin terjadi jika Budi terus menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan di sekolahnya?
    a. Teman-temannya akan menghindarinya.
    b. Kebersihan sekolah akan meningkat dan rasa cinta tanah air tumbuh di kalangan siswa.
    c. Budi akan merasa lelah dan menyerah.
    d. Budi akan dimarahi oleh gurunya.
    e. Tidak ada yang akan mengikuti contoh yang diberikan oleh Budi.
  16. Bagaimana Budi bisa membuat tindakan menjaga kebersihan menjadi menarik bagi teman-temannya?
    a. Dengan mengadakan lomba kebersihan sekolah.
    b. Dengan memaksa teman-temannya untuk mengikuti aturan.
    c. Dengan memberikan ancaman hukuman.
    d. Dengan mengabaikan perilaku teman-temannya.
    e. Dengan menyalahkan temannya yang tidak ikut serta.
  17. Mengapa penting bagi Budi untuk mengingatkan temannya secara baik-baik?
    a. Agar temannya tidak tersinggung dan lebih mudah menerima nasihat.
    b. Agar Budi terlihat lebih baik dari temannya.
    c. Agar temannya menjadi takut padanya.
    d. Agar temannya dihukum oleh guru.
    e. Agar temannya dipermalukan di depan orang lain.
  18. Apa dampak dari tindakan Budi yang selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah?
    a. Sekolah menjadi lebih bersih dan teman-temannya terinspirasi.
    b. Budi akan dihindari oleh teman-temannya.
    c. Budi akan merasa terbebani oleh tugas tersebut.
    d. Temannya tidak akan peduli pada tindakan Budi.
    e. Budi akan dimarahi oleh guru.
  19. Apa sikap yang seharusnya dihindari oleh Budi ketika mengajarkan nilai-nilai kebersihan?
    a. Bersikap ramah dan menjelaskan pentingnya kebersihan.
    b. Membiarkan kesalahan temannya tanpa mengingatkannya.
    c. Mencontohkan perilaku baik dalam menjaga lingkungan.
    d. Mengajak temannya untuk ikut membersihkan.
    e. Menjadi pemimpin dalam kampanye kebersihan di sekolah.
  20. Apa yang bisa dilakukan Budi setelah mengingatkan temannya agar tidak membuang sampah sembarangan?
    a. Memantau apakah temannya melakukan kesalahan lagi.
    b. Mengajak temannya ikut serta dalam kegiatan kebersihan bersama.
    c. Menghukum temannya jika melanggar lagi.
    d. Membiarkan saja karena tugasnya sudah selesai.
    e. Mengeluh kepada guru jika tidak ada perubahan.

Gratis!!! Tryout CPNS Nasional 2024 Jadi ASN

Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Value Jadi ASN

“Value Tanpa Batas, Kerjakan Sampai Tuntas, Dijamin Hasil Puas”

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiASN: Temukan aplikasi JadiASN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiASN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “CPNS2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES128”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Kisah sukses dari peserta yang berhasil meraih peringkat tinggi setelah belajar di aplikasi jadiASN membuktikan bahwa dengan strategi yang tepat dan dukungan dari bimbingan belajar berkualitas, sukses dalam tes CPNS adalah hal yang mungkin dicapai. Aplikasi jadiASN menawarkan berbagai keunggulan yang sangat membantu dalam persiapan tes CPNS. Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dengan jadiASN dan raih kesuksesan Anda dalam pembukaan CPNS dan PPPK 2024. Daftar sekarang dan manfaatkan semua keunggulan yang ditawarkan!

Ayoo Download Aplikasi JadiAsn karena banyak sekali yang bisa kamu dapatkan agar kalian CEPAT TERLATIH dengan Soal soal CPNS 2024!!!

  • Dapatkan ribuan soal CPNS 2024 dengan pembahasan yang mudah dipahami, berupa video dan teks
  • Live Class Gratis (Berlajar Bareng lewat Zoom)
  • Materi-materi CPNS 2024
  • Ratusan Latsol CPNS 2024
  • Puluhan paket Simulasi CPNS 2024
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Mau berlatih Soal-soal CPNS 2024? Ayoo segera Masuk Grup Latihan Soal-soal CPNS 2024 Sekarang juga!!

Cocok banget untuk yang pengen jadi PNS, Berlatih dengan cepat hanya pakai buku-buku CPNS 2024 Terpercaya

BUKU CPNS 2024
BUKU CPNS 2024

📋 Keuntungan Buku CPNS 2024

  1. ✅Tersedia ribuan soal Tes CPNS 2024 (sudah sesuai sistem terbaru)
  2. ✅Materi materi SKD sudah sesuai FR CPNS
  3. ✅Tersedia Video pembahasan tiap soalnya

Selain ini Kalian akan mendapatkan Keuntungan

1. Program Premium Gratis selama 7 Hari

Kamu bisa mengakses premium di Aplikasi JadiASN secara gratis selama 7 hari pastinya akan membantu kamu memaksimalkan sistem pembelajaran karena mengkolaborasikam online dan offline lewat buku.

2. 20x live class zoom materi dan bahas soal CPNS

Dilakukan setiap hari senin-jumat pukul 19.00 – 20.00 WIB dimana link zoom tersedia di aplikasi jadiasn menu live class

3. 5 Paket simulasi CPNS

Simulasi yang disesuaikan dengan ujian aslinya dari jumlah soalnya, waktu pengerjaannya, kisi-kisi materi sesuai dengan pemerintah dengan fitur sebagai berikut :
 âœ…Terdapat Analisis peluang kelolosan dengan nilai ambang batas
 âœ…Terdapat Analisis Kecepatan jawab soal
 âœ…Terdapat Analisis salah dan benar
 âœ…Bisa diakses via laptop/PC lewat web
 âœ…Grafik perkembangan skor simulasi
 âœ…Ranking nasional, provinsi, kabupaten
 âœ…Pembahasan teks bisa didownload dan diprint
 âœ…Simulasi berwaktu sesuai format Ujian Tesnya
 âœ…Skor keluar real time
 âœ…Soal bisa didownload dan diprint
 âœ…Video pembahasan dan teks pembahasan
 âœ…Zoom out/ in tampilan soal

4. 20 Paket Latihan soal CPNS

Fitur untuk berlatih soal-soal CPNS dengan sistem 10 soal 10 menit yang memiliki fitur yang sama dengan fitur simulasi CPNS

✅buku cpns 2023 2024
✅buku cpns terlengkap 2024
✅buku cpns 2022 recommended
✅buku cpns terupdate 2024
✅buku cpns bumn 2024
✅buku cpns kemenkumham
✅buku cpns perawat 2024
✅buku cpns kemenkumham 2024
✅buku cpns kejaksaan 2024

Pendapatmu sangat berarti bagi kami! Klik link berikut untuk memberikan feedback dan bantu kami menjadi lebih baik lagi: https://bit.ly/FeedbackArtikelJadiASN

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *